Followers

Sunday, January 3, 2016

training event : WAREHOUSE 5S


5S at your WAREHOUSE: Improvements to Boost Efficiency
“The more inventory a company has, the less likely they will have what they need.”
- TAIICHI OHNO - The father of the Toyota Production System, 1912–1990.

Gudang bukan hanya sekedar tempat penyimpanan barang dan sebagai pendukung proses bisnis tetapi merupakan faktor kunci dalam strategi untuk menciptakan keunggulan kompetitif melalui pelayanan yang Tepat, Cepat, dan memuaskan. Pelayanan prima ini menciptakan image yang baik dimata Pelanggan. Menumbuhkan kepercayaan Pelanggan pada perusahaan. Maka gudang perlu dikelola dengan baik.

Dalam menerapkan prinsip-prinsip menajemen pergudangan dibutuhkan disiplin dari seluruh karyawan di gudang. Dasar pembentukan budaya disiplin adalah melalui program 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Penerapan 5S menghendaki seluruh Sumber Daya Manusia perusahaan terlibat dan berperan menciptakan manajemen lingkungan yang baik. Oleh karena itu 5S merupakan pondasi proses improvement. Perbaikan yang dihasilkan dapat dipertahankan dan menjadi kebiasaan manakala SDM bertindak disiplin.

Melalui pemahaman makna 5S maka karyawan dapat memahami setiap langkah kegiatan kerjanya dan melakukan analisa dengan makna 5S. Mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dan mengapa membutuhkan cara kerja 5S. Kemudian membuat standar untuk setiap aktifitas kegiatan kerja, beserta cara pengukurannya. Gudang yang telah memenuhi standar 5S mampu meningkatkan kinerja perusahaan. Tentunya seluruh bagian perusahaan juga menerapkan 5S.
S A S A R A N
Setelah mengikuti program ini, peserta diharapkan:
  • Memahami konsep 5S dan manfaat penerapan 5S di Gudang
  • Memahami tujuh langkah penerapan 5S di Gudang
  • Mendapatkan bekal untuk memulai penerapan 5S atau meningkatkan mutu penerapan saat ini bagi yang sedang menerapkan 5S di Gudang
GARIS BESAR
  • 5S: Definisi, Aktivitas, Target dan Sasaran Penerapan di Gudang
  • Disiplin 5S dan Optimalisasi Kinerja Gudang
  • Program evaluasi penerapan 5S di Gudang
PESERTA YANG DISARANKAN
  • Kepala Gudang atau Kepala Departemen
  • Kepala Seksi, Staf, Supervisor Gudang
  • Pejabat di dalam Komite Penerapan di Perusahaan dan Fungsi lain yang relevan
A G E N D A
Hari ke-1
Hari ke-2
Mengisi Pre-Test
Pembukaan dan Perkenalan
Review workshop hari ke-1
KAIZEN, 5S dan Gudang
  • 5S - Disiplin Mengelola Tempat Kerja
  • KAIZEN - Bertumpu pada SDM
  • Gudang - Sarana Operasional
Simulasi: Kepekaan Masalah Pemborosan

Resik di Gudang
  • Standar Kebersihan: Lingkungan, Mesin & Peralatan
  • Jadwal Kebersihan & Lembar Periksa
Simulasi: Standar Resik
Morning Coffee
5S dan Operasional Gudang
  • Manajemen Pergudangan
  • Praktik Pergudangan Kelas Dunia
  • Mengoptimalkan Operasional Gudang
Permainan: KAIZEN dan 5S
Merawat 5S di Gudang
  • Standarisasi 5S
  • Instruksi Kerja Proses di Gudang + 5S
  • Kriteria Audit & Program Audit
Lunch Break
Ringkas di Gudang
  • Label Merah & TPS bukan Gudang
  • Inventaris, Persediaan & Arsip
  • KPI Disiplin RINGKAS di Gudang
Simulasi: Standar Ringkas
Disiplin 5S dan Pengembangan SDM di Gudang
  • PDCA-KAIZEN
  • One Point Lesson
  • Matriks Pengembangan Ketrampilan
Afternoon Tea
Rapi di Gudang
  • Label dan KANBAN
  • Sarana Penyimpanan, Double Bin
  • Layout Gudang & FIFO
  • KPI Disiplin RINGKAS di Gudang
Presentasi Video 5S di Gudang
Mengelola Penerapan 5S di Gudang
  • Memulai dan Mengenalkan 5S
  • Tiga Fase Penerapan 5S: Basic, Intermediate & Advanced
Kesimpulan dan Rencana Tindak Lanjut
Penerapan 5S di Gudang
Penutupan workshop hari ke-1
Kesimpulan dan Evaluasi Workshop
Mengisi Post Test
Diskusi, Evaluasi workshop dan Penutupan

Contoh Gudang Arsip
Contoh Gudang Suku Cadang

0 comments:

Post a Comment

About Us

Mengawali tahun 2000 sebagai konsultan senior, Cakra telah menfasilitasi penerapan-penerapan ‘Shopfloor Improvement’ di berbagai kelompok industri baik lokal maupun internasional di Indonesia. Seluruh kegiatannya selalu dimulai dengan memfasilitasi Penerapan 5R di pabrik, di bengkel, di gudang, di laboratorium, di kantor atau di perusahaan jasa.

S I K A T I N ®

Get In Touch