Followers

Sunday, December 26, 2010

7 Pemborosan - Menunggu

2. Menunggu (Waiting)


Setiap saat barang-barang tidak berpindah atau tidak diolah maka terjadilah pemborosan menunggu.

Pada umumnya lebih dari 99% produk dengan cara pengolahan batch tradisional dan antrian material siap proses menghabiskan banyak waktu menunggu untuk diolah. Kebanyakan lead-time dari produk adalah menunggu proses berikutnya, ini biasanya karena aliran material yang buruk, waktu pengolahan produksi yang terlalu lama, dan jarak antara proses kerja satu ke yang lainnya terlalu jauh. Menghubungkan antar proses agar pasokan secara langsung ke dalam proses berikutnya secara dramatis akan mengurangi waktu tunggu.

Di setiap persimpangan jalan dan lintasan kereta api selalu ada yang harus menunggu.

2.1 Penyebab dari pemborosan menunggu
  • Beban kerja yang tidak merata
  • Perawatan yang tidak terencana
  • Waktu proses set-up yang panjang
  • Penggunaan yang salah dari peralatan yang otomatis
  • Masalah Mutu
  • Penjadwalan yang tidak merata (Leveled)
  • Layout yang tidak efektif
  • Spesialisasi
  • Keputusan manajemen
2.2 Akibat dari pemborosan menunggu
  • Lead time yang lama
  • Produktivitas rendah
  • Efektivitas rendah
  • Efisiensi rendah
  • Biaya operasional tinggi
  • Operator yang kelelahan
  • Error, operator melakukan kekeliruan
2.3 Daftar periksa pemborosan menunggu
  • Tunggu komponen dari proses sebelumnya
  • Tunggu karena mesinnya sedang beroperasi
  • Tunggu karena kehilangan sesuatu
  • Tunggu karena proses yang tidak seimbang
  • Tunggu karena tidak sesuai dengan rencana
  • Tunggu karena tidak sesuai dengan instruksi kerja
  • Tunggu karena operator tidak hadir
  • Tunggu karena kebanyakan operator (lebih dari dua orang), menggangur
  • Tunggu karena sedang dalam proses inspeksi
  • Tunggu keputusan atau tunggu informasi
2.4 Mencegah pemborosan menunggu
  • Multiskill, operator dengan banyak kemampuan
  • Perencanaan dan penjadwalan
  • Menyeimbangkan atau meratakan beban kerja
  • Derap produksi sesuai dengan permintaan Pelanggan - "Takt Time
  • Preventive maintenance dan perawatan mandiri oleh operator
  • Work Standard

0 comments:

Post a Comment

About Us

Mengawali tahun 2000 sebagai konsultan senior, Cakra telah menfasilitasi penerapan-penerapan ‘Shopfloor Improvement’ di berbagai kelompok industri baik lokal maupun internasional di Indonesia. Seluruh kegiatannya selalu dimulai dengan memfasilitasi Penerapan 5R di pabrik, di bengkel, di gudang, di laboratorium, di kantor atau di perusahaan jasa.

S I K A T I N ®

Get In Touch