Followers

Friday, January 2, 2009

Game 5R-8

Permainan Putaran-8, "RAJIN (KAIZEN 5R)"

Target Waktu : 15 detik
Tugas Permainan : Mencoret angka dari 1 sampai 49


  • Lembar ini cukup diperlihatkan di layar slide saja, tidak perlu dibagikan kepada para perserta permainan.
  • Diskusikan bersama para peserta permainan dengan 'Brainstorming', ide-ide kreatif untuk meningkatkan kinerja kelompok.
  • Bagaimana dengan kondisi yang seperti ini?

alt

  • Apakah target tercapai?
  • Apakah masih bisa dibuat lebih baik lagi?
  • Bagaimana meningkatkan kinerja kelompok?

Contoh analisa improvement :
Kondisi mula : Jumlah tarikan garis = 49 kali.
Mengurangi pemborosan gerakan dengan merubah susunan angka menjadi seperti berikut ini :
alt
Kondisi akhir : Jumlah tarikan garis = 13 kali.

Selanjutnya menurunkan target waktu dari 15 detik menjadi maksimum 10 detik.
Dengan merubah pola susunan angka menjadi seperti berikut ini :
alt
Jumlah tarikan garis menjadi 5 kali.

Apakah masih bisa di-improve lagi?
Dengan mengurangi pemborosan gerakan, susunan angka dibuat menjadi seperti berikut ini :alt
Gerakan tarikan garis menjadi gerakan ke kanan, ke kiri, ke kanan, dst.

Dengan susunan yang sama seperti di atas, bagaimana jika menggunakan dua tangan?
Tangan kanan (1, 3 & 5) dan tangan kiri (2, 4). Namun perlu diperhitungkan investasi (tambahan 1 alat tulis) berbanding keuntungan yang di dapat dari waktu kerja yang lebih singkat.

Marilah pacu semangat untuk selalu berbuat lebih baik lagi di dalam pekerjaan kita…
Selamat mencoba!

0 comments:

Post a Comment

About Us

Mengawali tahun 2000 sebagai konsultan senior, Cakra telah menfasilitasi penerapan-penerapan ‘Shopfloor Improvement’ di berbagai kelompok industri baik lokal maupun internasional di Indonesia. Seluruh kegiatannya selalu dimulai dengan memfasilitasi Penerapan 5R di pabrik, di bengkel, di gudang, di laboratorium, di kantor atau di perusahaan jasa.

S I K A T I N ®

Get In Touch